.:[Close][Klik 2x]:.
kalo kamu ingin download mp3 gratis silahkan kopi ling dibawah ini dan pastekan di google yang yang ada di dalam kurung yah....( http://komarudin-mp3gratisdonload.blogspot.com/)jika ada masalah silahkan hubungi saya di no hp 087725458702 atau di alamat email komarsma@yahoo.com
selamat datang ya... di blogku yang sederhana ini co aja klik

Minggu, 27 Februari 2011

Awan

AWAN

Awan adalah kumpulan titik air atau kristal - kristal es yang melayang - layang di udara. Terbentuknya awan akibat adanya kondensasi (perubahan wujud airdari uap ai menjadi titik air). Kondensasi berupa kristal - kristal garam. Kristal tersebut berasal darideburan ombak pantai, debu , serta asap pabrik dan kendaraan bermotor.



1. Tingkatan - Tingkatan Awan :
















A. KELOMPOK AWAN TINGGI

Awan yang terdiri dari kristal - kristal es. Awan ini berada pada ketinggian 6 - 12 km.
1. Awan Siru
s
Awan tipi berwarna putih namun saat menjelang atau terbit berwarana merah atau kuning cerah. Bentuk sepeti bulu ayam. Banyak menganduung kristal es sehingga pada siang hari terlihatt mengkilat.



2. Awan Sirostrratus
Berrbentuk gumpalan - gumpalan kecil dan tampak seperti sisik ikan. Selalu bergabung denganawan sirus dan sirostratus.




3. Awan Sirokumulus

Awan tipis berwarna putih tampak seperti tirai kelambu yang sangat halus. Bentuk ini memeperlihatkan susunan berserat. Awann ini menimbulkan bayangan di tanah jika terkena sinar matahari.





B. KELOMPOK AWAN SEDANG

Awan yang terdiri btir - butir air dan kristal - kristal es. Berada pada ketinggian 2 - 6 km.
1. Awan Altokumulus

Awan ini tampak seperti gumpalan kapas pipih berwarna putih atau kelabu. Awan ini banyak berupa tetes air saat suhu sangat rendah dapat berbentuk kristal es.










 

2. Awan Altostratus
Bentuknya berlapis tebal dan berwarna kelabu. Oleh karena itu ,meskipun tterkena sinar matahari tidak akan timbul bayangan.




C. KELOMPOK AWAN RENDAH

Terdiri dari butir - butir air yang bercampur dengan kristal - kristal es.
1. Awan Stratokumulus

Awan yang bergumpal - gumpal lembut berwarna abu - abu. Terdiri atas tetes awan, dan kadang - kadang mengandung tetes hujan. Kadang - kadang disertai curah hujan dalam jumlah sedikit.




2. Awan Stratus

Awan yang berlapis - lapis seragam dan dan berbentuk seperti kabut tipis berupa sehingga gais bentuk matahari atau bulan dapat terlihat jika awan stratus melewati matahari atau bulan. Awan ini menjadi kabut jika menyentuh permukaan bumi.




3. Awan Nimbostratus

Lapisan awan rendah yang tebal dan berwarna abu - abu gelap. Bentuknya tidak beraturan dan terliha lembab. Saat cuaca buruk lappisan nimbostratus, dapat bergabung dengan awan rendah yang berada di bawah.





D. KELOMPOK AWAN DENGAN PERKEMBANGAN VERTIKAL

Terdiri dari butir - butir air di bagian paling bawah. Berada pada ketinggian kurang dari 2 km.

1. Awan Kumulus
Berbentuk kubah menyerupai bunga kol. Berkembang secara vertikal dengan lengkung bulat berwarna putih cemerlang jika tekena sinar matahari. Biasanya muuncul pada pagi hari menghilang menjelang malam.





2. Awan Kumulonimbus

Awan besar berbentu seperti gunung atau menarayang berkembang secara vertikal. Bagian attas berrserat dan sering menyebar. Mengandung tetes hujan yang besarr sehingga dapat menyebabkan hujan secara tiba - tiba disertai badai topan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

belajar yang baik yah... dan maap bila ada kesalahan..

Cari Blog Ini