Laman

Jumat, 09 Juli 2010

ilmukomputer.net


Memahami Membuat Program Komputer/How to Learn Computer Programming

Dalam Informatika pada 31 Januari 2008 oleh Vada
Belajar bahasa pemrograman adalah sesuatu hal yang menarik bagi pendatang baru di dunia komputer. Mengapa ? Karena pada umumnya mereka akan banyak bertanya “mengapa kalau saya tekan ini bisa keluar tampilan seperti ini” . Pertanyaan lain yang juga sering muncul “Bisa tidak kalau tampilan ini diubah menjadi seperti ini”. Semua hal tersebut akan terjawab bila seseorang memahami mengenai konsep program komputer (tidak harus mahir terlebih dahulu).
Sebenarnya apa sih maksud konsep program komputer ?
Bahwa segala tindakan yang dilakukan oleh komputer ditentukan kepada instruksi yang diterimanya. Kok bisa ? Untuk memahami ini kita perlu memahami terlebih dahulu pengertian dari komputer.
Komputer terdiri atas 2 komponen yaitu hardware dan Software. Hardware kalau diterjemahkan adalah perangkat keras. Fungsi dari hardware memproses semua masukkan yang diterimanya. Nah bagaimana cara memproses ? Cara komputer memproses tergantung kepada instruksi yang diberikan padanya. Susunan instruksi dalam bentuk perintah perintah ini yang kita sebut software. Jadi ???. Untuk lebih jelasnya saya analogikan hardware dari komputer adalah mesin mobil beserta semua perangkat yang ada di mobil tersebut seperti setir, rem, stater dsb. Nah untuk memfungsikan itu semua tentunya pengemudi harus mempelajari bagaimana cara menggunakan perangkat di mobil tersebut. Nah cara agar mobil itu bisa digunakan mulai dari stater mesin, memasukkan perseneling (kalau perseneling manual), kemudian melepas kopling sambil menekan gas sehingga mobil bisa berjalan itulah yang disebut software. Kalau pengemudi kita sebut Brainware.
Bisa Dipahami kan ? Insya Allah Bisa.
Nah setelah memahami cerita diatas maka sekarang kita tengok lagi hardware komputer. Hardware komputer adalah suatu mesin yang didisain bersifat universal. Maksudnya universal adalah bisa bekerja dengan keluaran yang berbeda beda walau input sama karena cara memproses yang berbeda. Hal ini bisa didapatkan dengan mengatur kombinasi perintah perintah yang disusun. Tentunya hal ini berbeda dengan mesin mobil dimana bila ingin mobil berjalan maka input yang harus dikirim adalah menekan pedal gas. Bila ingin mobil berbelok maka input yang dikirim adalah membelokkan setir. Untuk komputer hal tersebut tidak berlaku tetap. Misal kita menjalankan program Aplikasi Office maka bila kita menekan huruf a maka akan keluar a di layar monitor,sedangkan bila kita menjalankan aplikasi game balap mobil maka bila menekan a maka gambar mobil di layar monitor akan nampak melaju. Kenapa hal ini bisa terjadi ? Karena cara memproses input a untuk program Aplikasi Office dan Game berbeda sehingga keluaran (output) akan berbeda.
Saya kira sekarang sudah lebih jelas kan ? Alhamdulillah
Nah sekarang cara kita untuk memahami bahasa pemrograman, sehingga kita bisa mengatur bagaimana komputer bekerja adalah :
Pahami apa yang menjadi input , proses dan output dari setiap kasus yang ada. Sebagai contoh bila anda diminta menghitung luas lapangan sepakbola yang berbentuk persegi panjang maka anda akan menggunakan rumus
luas = Panjang * Lebar
Panjang dan lebar adalah sebagai Input
Rumus Panjang * Lebar sebagai proses
Luas sebagai Output
Contoh lain :
Budi diminta menghitung jumlah buah yang ada di keranjang , maka
Input adalah buah di keranjang,
Proses adalah kegiatan menghitung buah di keranjang
dan Output adalah Jumlah Buah yang ada di keranjang
Contoh contoh diatas untuk kasus keluaran hanya satu, Bagaimana untuk kasus keluaran lebih dari satu,
perhatikan contoh berikut
Contoh lain lagi yang memiliki output lebih dari satu kemungkinan:
Suatu Mesin yang akan berjalan bila diberi kata “Hallo”, selain kata Hallo maka mesin tidak pernah akan jalan maka :
Input : Masukkan Kata Kunci ?
Proses : Dicek Apakah kata kunci sama dengan “Hallo”
Bila ya maka kirim sinyal ke output untuk jalankan mesin
Bila tidak maka lompat kembali ke input, dan anda diminta memasukkan kata kunci kembali
Cukup Jelas, dengan kasus diatas ? Bila Belum silahkan email ke eko_travada@yahoo.com.

Sekarang bagaimana cara menerapkan kasus kasus diatas ke bahasa pemrograman

Sebelum kita dapat menerapkan suatu kasus ke bahasa pemrograman ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu yaitu :
  • Siap siap bertekun ria dengan instruksi yang harus dipelajari
  • Cara terbaik mempelajari program adalah dengan sering mencoba membuat program
  • Mempelajari program tidak akan pernah berhasil bila hanya dibaca (kecuali bagi yang sudah terbiasa menyusun intruksi).
  • Pahami logika dari setiap kasus agar mudah dalam menyusun program, Logika kurang paham akan susah membuat program (mungkin jadi tapi banyak trial errornya saat menyusun program)

Mempelajari Bahasa Pemrograman

Dalam setiap mempelajari bahasa pemrograman beberapa kunci pokok yang harus dipahami yaitu :
  1. Mencoba memahami struktur cara menyusun instruksi
  2. Memahami cara pedefinisian tipe data ( materi baru diatas belum dibahas)
  3. memahami penggunaan perintah perintah dari bahasa pemrograman tersebut dan propertynya seperti penggunaan tanda , % dan sebagainya.
  4. Menerapkan konsep algoritma yang sudah kita buat ke bahasa pemrograman.

Bahasa C

Bahasa C adalah yang sudah sangat tua, tapi hingga sekarang masih banyak digunakan terutama untuk menyusun aplikasi yang berhubungan dengan sistem operasi seperti antivirus, windows dsb. Bahasa c secara aturan cukup sederhana tapi memiliki fleksibilitas yang sangat tinggi (relatif lebih mudah untuk dikostumisasi).
Diantara para pembaca mungkin pernah mendengar turbo c atau borland c, lalu apa bedanya dengan bahasa C ? Bahasa C adalah merujuk kepada aturan yang kita gunakan dalam menyusun perintah di komputer. Seperti anda belajar bahasa inggris tentu juga mempelajari tentan tenses. Kalau boleh dianalogikan kurang lebih sama antara tenses dan aturan bahasa c, hanya tentu tidak seseram itu. Sedangkan apa sih turbo C atau borland C ? Nah Turbo C aatu Borland C adalah sebagai IDE (Integrated Development Environmnet) yang artinya lingkungan tempat kita menyusun instruksi dan kemudian yang bertugas menerjemahkan instruksi yang kita susun agar dipahami oleh komputer. Proses penerjemahan ini dinamakan compile dan IDE bertugas sebagai Compiler. Di beberapa IDE yang lain ada yang menerjemahkan dengan teknik intrepreter. Beda antara intrepeter dan compiler adalah dalam teknik menerjemahkan instruksi. Compiler menerjemahkan dengan cara membaca semua intruksi yang disusun bila tidak ada kesalahan langsung diterjemahkan ke kode objek kemudian baru diterjemahkan ke bahasa mesin. sedangkan intrepreter menerjemahkan per baris perintah, sehingga bila ada kesalahan saat menyusun intruksi akan langsung dikomentari oleh IDE, dimana hal ini tidak dilakukan oleh teknik penerjemahan kompiler.
Seperti saya ceritakan diatas langkah pertama untuk memahami bahasa pemrograman adalah memahami struktur cara menyusun instruksi. Struktur bahasa c seperti contoh program berikut :
Ingat “the best way to start learning a programming language is by writing a program (Juan Soulie)”
// Program pertama saya di c
#include
int main ()
{
printf (“Hallo Dunia”);
return 0;
}
Penjelasan :
di baris pertama penggunaan # adalah sebagai Directive Prossesor. Penambahan #include berarti dalam menjalankan instruksi diatas menyertakan file yang bernama stdio.h. File ini disertakan karena untuk menjalankan perintah printf membutuhkan file stdio.h.
Kemudian int main () adalah menunjuk sebagai fungsi program utama dengan ciri kata main dan selalu diakhiri dengan (). Kemudian int adalah sebagai tipe dari fungsi utama tersebut dengan int artinya integer atau tipe bilangan bulat.
Untuk memulai program selalu diawali dengan ‘{‘ dan untuk mengakhiri dengan ‘}’. Instruksi printf adalah perintah untuk ke layar monitor kata kata di area yang dibuka dengan ‘(‘ dan diakhiri dengan ‘)’. Selalu yang harus diperhatikan di bahasa c huruf besar dan kecil dibedakan , dengan demikian anda tidak diperkenankan mengganti printf dengan Printf misalnya, karena perintah Printf tidak akan dikenali di IDE c (turbo c ataupun borland c). Penggunaan tanda ” diantara kata Halo Dunia ” berarti kata yang dicetak adalah Halo Dunia.
Perintah return o (angka 0 bukan huruf o) adalah pasangan dari fungsi yang menunjukkan bahwa program telah berhasil dijalankan dengan ciri ada pengembalian nilai bertipe integer ke fungsi main().
Perhatikan setiap intruksi yang telah diketik harus diberi tanda ; untuk perintah yang ada di area { }
Perintah diatas dapat anda ketikkan di IDE turbo c. Setelah anda ketikkan kemudian tekan tombol F9. Bila tidak kesalahan pengetikkan perintah akan tampil seperti berikut :
Compiler C
Bila ada kesalahan maka akan tampil berikut :
Compiling error C
Bila muncul seperti diatas cek lagi instruksi yang telah anda ketikkan kemungkinan salah ketik sebagai contoh perhatikkan instruksi berikut ada kekurangan tanda ‘;’ ditandai dengan area yang di blok di return o, berarti ada kesalahan perintah di baris sebelumnya dengan kata statement missing ;
sampel error c

Saat ini kompiler seperti turbo C++, sudah sangat jarang digunakan , sebagai gantinya anda bisa menggunakan Visual C++ yang merupakan paket dari Visual Studio .net 2003 atau veris beriktunya Visual Studio .net 2005 dan saat ini yang terbaru ada versi Visual Studio .net 2008 (versi yang terakhir ini penulis belum pernah coba).
Nah untuk bahasan berikut kompiler yang akan kita gunakan adalah Visual C++ yang ada di paket Visual Studio .Net 2005.


Mengenal Visual C++

Langkah pertama pastikan anda telah menginstal visual studio .net 2005
kemudian masuk ke visual studio dengan cara pilih
all program – microsoft visual studio 2005 – microsoft visual studio 2005
fisrt vs2005
Kemudian anda pilih create project kemudian pili aother language dan pilih visual c++
second vs2005
Kemudian anda pilih win32 console aplication dan beri nama project anda misal diberi nama proyek satu kemudian pilih ok maka akan tampil berikut :
thrid vs2005
kemudian klik kanan di header files – pilih add item – kemudian beri nama file anda misal latihan1 dan pastikan ikon yang tersorot cpp kemudian klik ok – klik next – beri check list di empty project lalu pilih finish maka anda siap membuat program.
Cukup panjang memang – tapi bila anda telah terbiasa langkah tersebut akan menjadi hal yang biasa.
Sebelum kita memulai mungkin ada yang bertanya kenapa langkahnya demikian panjang untuk mulai membuat program ? jawabannya kurang lebih (ini menurut analisis saya), saat membuat projek dengan menyusun program atau memberikan gambar gambar ada banyak bagian yang mesti kita bangun dengan banyak file dan alokasi file tersebut sudah tertentu , Visual Studio membantu kita untuk memanajemen file file yang terpisah tersebut di alokasi yang sesuai sehingga anda tidak perlu direpotkan dengan peletakkan file.
sekarang anda bisa mencoba mengetik perintah yang sama seperti contoh saya diatas dan untuk eksekusi tekan F5 atau klik icon start, maka keluaran yang didapat akan serupa seperti contoh diatas.
sampel 1
Mari Kita lanjutkan lagi belajar membuat program komputer.
Agar anda bisa menyusun program anda paling tidak sudah bisa membayangkan bagaimana instruksi tersebut disusun.
sebagai contoh, bila kita ingin membuat program menghitung luas persegi panjang maka dapat disusun instruksi seperti berikut :
panjang <– 5 Lebar <– 6 luas <– panjang * lebar Tampilkan luas

artinya dari perintah diatas yaitu masukkan nilai panjang = 5 nilai lebar = 6
, kemudian dihitung dengan formula luas dan instruksi terakhir
tampilkan nilai luas.
Sekarang bagaimana menyusun instruksi diatas menggunakan visual C++ ?
Sebelum kita menerjemahkan ada beberapa hal yang harus kita pahami dan ini berlaku di semua bahasa pemrograman. Hal tersebut adalah :
  1. Pahami konsep variabel (variabel adalah suatu ruang memori yang dipesan dan isi ruang tersebut dapat diganti ganti)
  2. pahami konsep konstanta (variabel adalah suatu ruang memori yang dipesan dan isi ruang tersebut tidak dapat diganti)
  3. pahami konsep tipe data
  4. Pahami bagaimana mendefinisikan dan menggunakan tipe data
Saya ulangi lagi instruksi diatas
panjang <– 5 Lebar <– 6 luas <– panjang * lebar Tampilkan luas

panjang<– 5 ; artinya variabel panjang diisi angka 5

lebar <– 6 ; artinya variabel lebar diisi angka 6

luas <– panjang * lebar ; artinya variabel panjang dan lebar dikalikan dan hasilnya disimpan di variabel luas

tampilkan luas , isi variabel luas ditampilkan.
panjang. lebar dan luas adalah variabel dengan isi data pasti numerik dan kemungkinan bisa pecahan, juga bisa bulat maka bisa disimpulkan panjang, lebar dan luas bertipe pecahan.
Di bahasa c/c++ tipe data untuk pecahan adalah double. berikut list tipe data di c/c++
NameDescriptionSize*Range*
charbertipe karakter1bytesigned: -128 to 127
unsigned: 0 to 255
short int (short)bertipe bulat2bytessigned: -32768 to 32767
unsigned: 0 to 65535
intbertipe bulat4bytessigned: -2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295
long int (long)bertipe bulat long.4bytessigned: -2147483648 to 2147483647
unsigned: 0 to 4294967295
boolBertipe Boolean1bytetrue or false
floatBertipe pecahan, desimal4bytes+/- 3.4e +/- 38 (~7 digits)
doubleBertipe pecahan, desimal8bytes+/- 1.7e +/- 308 (~15 digits)
long doubleBertipe pecahan. desimal8bytes+/- 1.7e +/- 308 (~15 digits)
wchar_tTipe karakter lebar2 or 4 bytes1 wide character
cara pendefinisian tipe data dengan format seperti berikut :
tipe data variabel
contoh
double panjang,lebar,luas
Implementasi dalam program
#include
#include

int main()
{
double panjang,lebar,luas;
panjang=5;
lebar=6;
luas=panjang*lebar;
printf(“ Luas : %lf “,luas);
getch();
return 0;
}
Tekan F5 maka akan tampil luas : 30.0
Penjelasan perintah diatas :
#include
#include kedua perintah ini untuk memanggil library yang digunakan dalam menyusun perintah. Library artinya keyword (kata kunci) yang digunakan. int main() untuk memulai fungsi utama dalam program.

{ awal program
double panjang,lebar,luas; merupakan pendeklarasian tipe data double dengan nama variabel panjang, lebar, luas.
panjang=5;
lebar=6; pengisian data ke variabel panjang dan lebar
luas=panjang*lebar; formula untuk menghitung luas
printf(” Luas : %lf “,luas); Cetak di layar monitor teks luas dan isi variabel luas
parameter %lf digunakan untuk menampilkan isi variabel luas yang bertipe data double
getch(); Perintah untuk menunda sebelum perintah berikutnya dijalankan
return 0; nilai bilangan bulat yang dikembalikan merupakan pasangan dari int main()
} penutup program
untuk lebih jelasnya lagi silahkan hubungi saya di:ukomar38@yahoo.co.id
atau di nomor telpon 087826214354 terimakasih

Rabu, 07 Juli 2010

ilmu komputer.blog.com

Program Restriction – Block Program To Run/Execute Via Windows Registry

Rate This
Quantcast

Program Restriction – Block Program To Run/Execute
Via Windows Registry

DisallowRun_Program_Restriction_Warning.jpg

Anda pernah/sering jengkel dengan Teman Kerja sekantor yang sering/selalu menggunakan komputer Anda hanya untuk bermain Freecell? :)
Dan Anda bingung harus bagaimana agar Teman Anda tersebut bisa menghentikan kebiasaan buruk tersebut; Mau menegur, Anda tidak enak/sampai hati, dan Anda merasa sayang bila terpaksa harus meng-uninstall program Freecell tersebut kerana Anda juga menyukainya.
Di bawah ini saya sampaikan salah satu Solusi Sederhananya yang sangat mudah Anda lakukan:
Anda tidak perlu meng-uninstall program tersebut, tetapi cukup MemBlokir Penggunaan/Eksekusi Program tersebut dengan melakukan teknik Program Blocking/Program Restriction/Program Censor/Disallow Run Program melalui sedikit utak-atik Windows Registry.
Sebelumnya, sebagai catatan, Tips ini dilakukan TANPA bantuan third party Tool apapun (yang cukup banyak bisa Anda temukan di Internet),

Ada 3 Windows’ Integrated Tools yang bisa dipakai yang pada intinya sama saja:
1. Menggunakan Windows Registry Editor (regedt32.exe/regedit.exe)
2. Menggunakan Windows’ gpedit.msc
3. Menggunakan Windows Notepad (notepad.exe)

Tips berikut mengunakan Notepad, karena dengan Notepad, kita bisa menyimpan sembarang Registry Entry File yang bisa dianalogkan dengan “Kunci” yang bisa kita pegang dan bisa digunakan sewaktu-waktu tanpa perlu masuk ke Registry Editor Window.

STEP by STEP HOW TO BLOCK SINGLE PROGRAM TO RUN
———————————————————————————————-
# 1 – Buka NOTEPAD (bisa klik ganda pada Notepad shortcut atau Klik “Start” menu, lalu klik “Run”, ketik “notepad”, dan terakhir tekan “OK”),
# 2 – Ketik Code di bawah ini:

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer]
“DisallowRun”=dword:00000001

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun]
“0″=”Freecell.exe”

# 3 – Kemudian simpan file tersebut sebagai Registry Entry File dengan nama (misal): Disallow_Run_Single_Program_Activated.reg
# 4 – Jalankan File Disallow_Run_Single_Program_Activated.reg tersebut agar masuk ke dalam Windows Registry Database dengan cara klik ganda File tersebut atau bila default condition saat klik ganda pada Execute .reg telah dimodifikasi dari “Merge” menjadi “Edit” .reg dengan Notepad, Anda bisa Klik Kanan File tersebut, lalu Klik “Merge”, diakhiri dengan Klik “OK” pada window notifikasi.
# 5 – Restart Komputer. Selesai.

Lalu, Bagaimana bila Kita ingin memblok beberapa/banyak Program (Multiple Programs)?

STEP by STEP HOW TO BLOCK MULTIPLE PROGRAMS TO RUN
—————————————————————————————————-
# 1 – Buka NOTEPAD
# 2 – Ketik Code di bawah ini:

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer]
“DisallowRun”=dword:00000001

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun]
“0″=”Freecell.exe”
“1″=”Winword.exe”
“2″=”Wordpad.exe”
“3″=”Calc.exe”

# 3 – Kemudian simpan file tersebut sebagai Registry Entry File dengan nama (misal): Disallow_Run_Multiple_Programs_Activated.reg
# 4 – Jalankan File Disallow_Run_Multiple_Programs_Activated.reg tersebut agar masuk ke dalam Windows Registry Database dengan cara klik ganda File tersebut atau bila default condition saat klik ganda to Execute .reg telah dimodifikasi menjadi Open .reg dengan Notepad, Anda bisa Klik Kanan File tersebut, lalu Klik “Merge”, diakhiri dengan Klik “OK” pada window notifikasi.
# 5 – Restart Komputer. Selesai.

Terakhir, Bagaimana bila Teman Anda yang kecewa karena tidak bisa bermain Freecell lagi telah pulang dengan kesedihan terdalam (tanpa upaya hacking registry :) ), dan kemudian Anda ingin bermain Freecell?
Tentu saja Anda Perlu MEMBUKA PROTEKSI EKSEKUSI PROGRAM yang telah Anda BLOK tersebut.
Caranya:

STEP by STEP HOW TO UNBLOCK (CLEAR PROTECTION) THE BLOCKED MULTIPLE PROGRAMS
——————————————————————————————————————————————————-
# 1 – Buka NOTEPAD
# 2 – Ketik Code di bawah ini:

Windows Registry Editor Version 5.00

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer]
“DisallowRun”=dword:00000000

[HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun]
“0″=”"
“1″=”"
“2″=”"
“3″=”"
“4″=”"
“5″=”"
“6″=”"
“7″=”"
“8″=”"
“9″=”"
“10″=”"
“11″=”"
“12″=”"
“13″=”"
“14″=”"
“15″=”"
“16″=”"
“17″=”"
“18″=”"
“19″=”"
“20″=”"

# 3 – Kemudian simpan file tersebut sebagai Registry Entry File dengan nama (misal): Disallow_Run_Program_Deactivated.reg
# 4 – Jalankan File Disallow_Run_Program_Deactivated.reg tersebut agar masuk ke dalam Windows Registry Database dengan cara Double Clik File tersebut atau bila default condition saat double clik to Execute .reg telah dimodifikasi menjadi Open .reg dengan Notepad, Anda bisa Klik Kanan File tersebut, lalu Klik “Merge”, diakhiri dengan Klik “OK” pada window notifikasi.
# 5 – Selesai

========
CATATAN
========
Nama-Nama Program yang Diblokir di atas bisa Anda ganti menurut kebutuhan Anda sendiri.
Saya kebetulan tidak mencari di Internet/buku tentang bagaimana cara memblok eksekusi program, selama ini saya berpuas diri dibantu third party program untuk pemblokiran eksekusi program.
Namun rasa penasaran saya akhirnya timbul untuk mengetahui dimana letak “Pengunci”nya di dalam Windows Registry Database. Saya coba telusuri Registry Changed by third party Program yang memiliki fitur Pemblokiran Program, jadi mohon MAAF bila mungkin ada yang kurang pas dan jauh dari sempurna, karena seperti pada kode PenDeaktifasi Proteksi, saya coba-coba sendiri (trial-error) dengan menambahkan ‘dummy’ String Values dengan Value Data kosong (” “) yang bisa mencapai jumlah line tak terbatas, buat jaga-jaga bila mungkin saja yang diblokir mencapai, misal, 20 Program ( d :) ) . Sebenarnya cukup dengan mengganti DWORD “DisallowRun” menjadi 00000000 dan menghapus Key DISALLOW RUN saja, tapi karena codenya tidak memungkinkan penghapusan Key, ya bisa diakali seperti penambahan ‘dummy’ String Values itu, dan THAT COMPLETELY WORKS !!!

Cara lain (yang lebih baik) untuk membuka proteksi pemblokiran program baik single program maupun multiple programs adalah dengan membuatkan .INF File yang digunakan untuk menghapus Registry proteksi tersebut di atas.
Caranya:
1. Buka Notepad
2. Salin Code di bawah ini:

[Version]
Signature=”$Chicago$”
Provider=Henry

[DefaultInstall]
DelReg=del

[del]

HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer, DisallowRun
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 0
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 1
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 2
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 3
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 4
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 5
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 6
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 7
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 8
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 9
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 10
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 11
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 12
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 13
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 14
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 15
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 16
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 17
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 18
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 19
HKCU, Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer\DisallowRun, 20

Setelah tersalin, namai file tersebut dengan nama (misal): CLEAR_PROTECTION.INF
Setelah itu, klik ganda file .INF tersebut atau klik kanan file tersebut, terakhir pilih dan klik “Install”. Sebagai catatan, Anda tinggal set angka sesuai kebutuhan Anda, contoh di atas menunjukkan angka 20 yang artinya membuka proteksi 20 program yang dilrang dijalankan. Alih-alih bila saja ada bejibun program yang dilarang dijalankan, Anda set saja ke bawah hingga angka ke-100, kecuali bila Anda tidak ingin pijat karena pegal jari dan mata Anda :mrgreen:

DownloadButton.jpgAnda bisa DOWNLOAD CODES DI ATAS DENGAN KLIK DI SINI

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.
Salam

9 Responses

  1. mas henry, mau tanya nih mas…

    apa ada cara supaya user tidak bisa meng-install sotware apapun ke kompie..? tapi bukan dengan cara setting user account.

    mohon bantuannya mas…saya perlu sekali.

    terima kasih banyak..

    Henry says:
    Bila OS pada Komputer Jaringan Anda Windows,
    tanpa menggunakan Konsol Setting User Account dari Windows, untuk Konfigurasi Policy dimana User tidak diperkenankan menginstal software atau bisa disebut User tidak diperkenankan melakukan eksekusi sembarang Executable Files (EXE/COM/BAT/dan lain sebagainya), Anda bisa gunakan software Ampuh bawaan Faronics yaitu Faronics Anti-Executable (license: shareware). Dan bila Anda menginginkan agar Komputer Clients Anda di Jaringan DeepFreeze tidak akan mengalami perubahan sedikitpun (at every bit) setelah proses restart atau shutdown Windows, Anda bisa gunakan Faronics DeepFreeze versi 6.3 ke atas (license: shareware). Deep Freeze juga mensupport OS Linux.
    Software lain yang cukup bagus adalah Access Manager versi 7.5 ke atas (license: shareware). Software ini cukup banyak memiliki setting konfigurasi keamanan termasuk pengaturan policy hak user, disable MSI dan non MSI Installation, penonaktifan autorun/autoplay dari removable drives yang dengan kata lain memblokir executable files uuntuk tereksekusi/berjalan/aktif secara otomatis dari external media, dsb.
    Memang Windows (non Home Edition) telah menyediakan fasilitas yang sudah sangat bagus, yakni Administrative Tools yang telah mengusung banyak sekali setting yang salah satunya Pengaturan/Setting Konfigurasi Hak untuk User, namun dua kelemahan utamanya, yakni Setting dari Internal Windows yang relatif mudah ditembus dan diacak-acak User yang telah hafal karakteristik Windows, dan satu lagi tidak adanya Password Setting untuk akses Konsol Konfigurasi tersebut.
    Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut di atas, Anda bisa gunakan Third Party Software (Program Security selain bawaan Windows) seperti tersebut di atas.

  2. Mas Henry,

    Faronics Anti-Executable nya kan trial tuh. Punya yang full version gak mas, Atau prog lain yang sejenis Faronics Anti-Executable tapi yang gak trial (freeware). Saya butuh banget soalnya.
    thank’s ya mas

    Henry said :
    Memang baik Faronics Anti-Executable maupun Access Manager versi 7.5 bisa digunakan untuk membatasi hak akses user dalam hal pelarangan eksekusi program file seperti instalasi program, yamg mana keduanya berlisensi Shareware, namun harga yang ditawarkan para pengembang programnya sepadan dengan kualitas dan kemampuan program-program tersebut.
    Sebenarnya ada beberapa Software lainnya, namun kebetulan yang saya ketahui, program-program tersebut juga Trial Version yang berlisensi Shareware, dan tentu saja tidaklah etis dan melanggar hukum bila saya mengatakan kepada Anda: “Anda bisa cari Trial Crack-nya di Internet.” :D
    Kebetulan saya belum tahu Program sejenis yang berlisensi Freeware atau Open Source, akan segera saya telusuri dan bila saya sudah tahu, Insya Allah akan segera saya informasikan via Blog saya ini.
    Mohon Maaf dan Harap Maklum.

  3. saya memerlukan pertolongan bagaimana untuk blok sesuatu laman web yang tidak diingini seperti web lucah

    Henry said :
    Bila Anda menggunakan Internet Explorer, Anda bisa aktifkan “Content Advisor” melalui “Internet Options” pada “Control Panel”. Pada window “Internet Options”, pilih Tab “Content”, lalu Klik tombol “Enable”, dan pada “Approved Sites”, Anda bisa memasukkan sembarang Situs/Website yang Anda perkenankan untuk dikunjungi User/Putra-Putri Anda, juga Parameter sesuai Web Ratings yang Anda kehendaki pada tab “Ratings”. Bisa digunakan sebagai Parental Filter (Sistem Kendali Orang Tua terhadap Aktivitas Anak dalam berinternet). Jangan lupa set Passwordnya pada Tab “General”.
    Namun bila Anda inginkan Program khusus pengatur dan pemblokir akses halaman website sesuai pilihan Anda, Anda bisa gunakan salah satu software Parental Filter yang tersebar di internet, salah satunya bernama “Parental Filter” (parent.exe). Anda bisa cari dengan bantuan Paman Google.

  4. Oit….
    Salam damai…..
    Cm maw nanya…..
    Bagaimana caranya untuk menyembunyikan ekstension pada suatu file???
    Bagaimana registrynya???
    Mohon dijawab……
    Trima kasih sblumnya

    Henry said :
    Salam Damai juga, Pak!
    Bila OS Anda Windows, sebenarnya, secara default, Windows telah menyembunyikan ekstension file pada environment-nya. Dan bila Anda ingin memunculkan atau menyembunyikan Ekstension File kembali, Anda bisa mengakses setting ekstension file pada “Folder Options” windows melalui menu “Tools” pada “Windows Explorer”.
    Pada “Folder Options” window, Klik Tab “View”, lalu beri tanda centang (check marked) pada check box “Hide ekstension for known file types”.
    Selamat mencoba.

  5. giman ni pak cara buka block download sudah banyak cara saya pake tapi belum bisa, minta solusinya kalo bisa cara di kasi yang mendetail soalnya aku baru dalam hal block, thanks

    Henry said:
    Maksud Bapak, Bapak kesulitan download dari divshare? memang tanpa open proxy, divshare sudah tidak mengijinkan downloader dari Indonesia. Artikel di atas Penulis buat saat divshare masih ‘berbaik hati’ mengijinkan file-sharing dengan orang si Indonesia.
    Solusinya, harap disalin saja file registry-nya dan slalu simpan sebagai registry entry (.reg) seperti petunjuk pada artikel di atas.

  6. Saya ingin bertanya beberapa hal..adik saya suka bermain warcraft DOTA yang menggunakan battle net(w3l) hingga lupa waktu.
    saya sudah mencoba kunci aplikasi dari cara anda diatas cuma tidak berhasil karena letak fileny berada di drive C.
    kira2 ada cara lain tdk?

    trims

  7. Proteksi registry ini menarik juga sih. Tetapi kalau saya mengamati sekilas, yang diproteksi itu kan nama filenya ya ? misalnya notepad.exe, freecell.exe, dll.

    Kalau misalnya nama filenya saya ganti/saya rename – apa proteksi tersebut masih berfungsi ???
    By the way : ide ini cukup menarik sih karena sifatnya yang gratis dan ndak perlu nginstall software dari luar.

    Henry said:
    Terima Kasih atas masukannya.
    Memang kelemahan dari Proteksi sederhana ini hanya berorientasi pada Absolut Character (File Name), bukan File Hash. Jadi, bilamana nama File yang diproteksi diganti (Rename), maka File baru hasil Rename tersebut bisa dijalankan/dieksekusi.
    Penulis pernah mencoba memblokir freecell.exe pada Win XP, kemudian Penulis rename freecell.exe dengan freecellku.exe, ternyata Win XP mengijinkan renamefile-nya tersebut dengan secara otomatis membuat file Freecell.exe baru dimana freecellku.exe bisa dijalankan, namun freecell.exe baru buatan Win XP tetap tidak bisa dijalankan.

  8. Menjawab pertanyaan dari sdr Adrian, kalau menurut saya sih agar ajarannya MAs Henry ini bisa anda lakukan di lokasi lain bukan cuma untuk C:\windows atau c:\windows\system32 ya anda tulis saja lokasinya secara lengkap. Misalnya saja :

    C:\Program Files\ Program terlarang.exe.

    Kalau anda nggak ingin repot – cari aja software yang membatasi pemakaian komputer ( beberapa software parental control bisa melakukan itu) atau boleh juga pake software security biasa.

    SALAM DAMAI.

    Lovepassword say peace !

    Henry said:
    Terima Kasih Mas Ari atas komentar & masukannya, serta Terima Kasih juga atas diingatkannya beberapa komentar Pembaca yang terlewatkan belum sempat/lupa belum terjawab.
    Kepada Sdr. Adrian, silakan dipraktekkan tips & triknya Mas Ari di atas.
    Say Peace – No War

  9. Artikelnya keren banget boss

  10. wah aku juga sejutu keren bangets artikelnya eh kalo bisa tuh dengan gambarnya kalo mencontohkan suatu program kan soalnya gini kalo ama orang2 yang belum tau persis kom puter dia jadi pusing tapi kalo misal kan engan gambarnya oarang akan lebih mudah untuk mempelajarinya dan update teruss yah infonya oxxxxx….

Leave a Reply

Senin, 05 Juli 2010

ilmu komputer.co.id

Sejak dahulu kala, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejah dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik. Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di kassa supermarket yang mampu membaca kode barang belanjaan, sentral telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan internet yang mennghubungkan berbagai tempat di dunia. Bagaimanapun juga alat pengolah data dari sejak jaman purba sampai saat ini bisa kita golongkan ke dalam 4 golongan besar. 1. Peralatan manual: yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana, dan faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga tangan manusia 2. Peralatan Mekanik: yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik yang digerakkan dengan tangan secara manual 3. Peralatan Mekanik Elektronik: Peralatan mekanik yang digerakkan oleh secara otomatis oleh motor elektronik 4. Peralatan Elektronik: Peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh Tulisan ini akan memberikan gambaran tentang sejarah komputer dari masa ke masa, terutama alat pengolah data pada golongan 2, 3, dan 4. Klasifikasi komputer berdasarkan Generasi juga akan dibahas secara lengkap pada tulisan ini. ALAT HITUNG TRADISIONAL dan KALKULATOR MEKANIK Abacus, yang muncul sekitar 5000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak. Para pedagang di masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan munculnya pensil dan kertas, terutama di Eropa, abacus kehilangan popularitasnya. Setelah hampir 12 abad, muncul penemuan lain dalam hal mesin komputasi. Pada tahun 1642, Blaise Pascal (1623-1662), yang pada waktu itu berumur 18 tahun, menemukan apa yang ia sebut sebagai kalkulator roda numerik (numerical wheel calculator) untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. Kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline, menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. Alat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. Kelemahan alat ini adalah hanya terbataas untuk melakukan penjumlahan. Tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem von Leibniz (1646-1716) memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat mengalikan. Sama seperti pendahulunya, alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda-roda gerigi. Dengan mempelajari catatan dan gambar-gambar yang dibuat oleh Pascal, Leibniz dapat menyempurnakan alatnya. Barulah pada tahun 1820, kalkulator mekanik mulai populer. Charles Xavier Thomas de Colmar menemukan mesin yang dapat melakukan empat fungsi aritmatik dasar. Kalkulator mekanik Colmar, arithometer, mempresentasikan pendekatan yang lebih praktis dalam kalkulasi karena alat tersebut dapat melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Dengan kemampuannya, arithometer banyak dipergunakan hingga masa Perang Dunia I. Bersama-sama dengan Pascal dan Leibniz, Colmar membantu membangun era komputasi mekanikal. Awal mula komputer yang sebenarnya dibentuk oleh seoarng profesor matematika Inggris, Charles Babbage (1791-1871). Tahun 1812, Babbage memperhatikan kesesuaian alam antara mesin mekanik dan matematika:mesin mekanik sangat baik dalam mengerjakan tugas yang sama berulangkali tanpa kesalahan; sedang matematika membutuhkan repetisi sederhana dari suatu langkah-langkah tertenu. Masalah tersebut kemudain berkembang hingga menempatkan mesin mekanik sebagai alat untuk menjawab kebutuhan mekanik. Usaha Babbage yang pertama untuk menjawab masalah ini muncul pada tahun 1822 ketika ia mengusulkan suatu mesin untuk melakukan perhitungan persamaan differensil. Mesin tersebut dinamakan Mesin Differensial. Dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. Setelah bekerja dengan Mesin Differensial selama sepuluh tahun, Babbage tiba-tiba terinspirasi untuk memulai membuat komputer general-purpose yang pertama, yang disebut Analytical Engine. Asisten Babbage, Augusta Ada King (1815-1842) memiliki peran penting dalam pembuatan mesin ini. Ia membantu merevisi rencana, mencari pendanaan dari pemerintah Inggris, dan mengkomunikasikan spesifikasi Anlytical Engine kepada publik. Selain itu, pemahaman Augusta yang baik tentang mesin ini memungkinkannya membuat instruksi untuk dimasukkan ke dlam mesin dan juga membuatnya menjadi programmer wanita yang pertama. Pada tahun 1980, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menamakan sebuah bahasa pemrograman dengan nama ADA sebagai penghormatan kepadanya. Mesin uap Babbage, walaupun tidak pernah selesai dikerjakan, tampak sangat primitif apabila dibandingkan dengan standar masa kini. Bagaimanapun juga, alat tersebut menggambarkan elemen dasar dari sebuah komputer modern dan juga mengungkapkan sebuah konsep penting. Terdiri dari sekitar 50.000 komponen, desain dasar dari Analytical Engine menggunakan kartu-kartu perforasi (berlubang-lubang) yang berisi instruksi operasi bagi mesin tersebut. Pada 1889, Herman Hollerith (1860-1929) juga menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan penghitungan. Tugas pertamanya adalah menemukan cara yang lebih cepat untuk melakukan perhitungan bagi Biro Sensus Amerika Serikat. Sensus sebelumnya yang dilakukan di tahun 1880 membutuhkan waktu tujuh tahun untuk menyelesaikan perhitungan. Dengan berkembangnya populasi, Biro tersebut memperkirakan bahwa dibutuhkan waktu sepuluh tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Hollerith menggunakan kartu perforasi untuk memasukkan data sensus yang kemudian diolah oleh alat tersebut secara mekanik. Sebuah kartu dapat menyimpan hingga 80 variabel. Dengan menggunakan alat tersebut, hasil sensus dapat diselesaikan dalam waktu enam minggu. Selain memiliki keuntungan dalam bidang kecepatan, kartu tersebut berfungsi sebagai media penyimpan data. Tingkat kesalahan perhitungan juga dpat ditekan secara drastis. Hollerith kemudian mengembangkan alat tersebut dan menjualny ke masyarakat luas. Ia mendirikan Tabulating Machine Company pada tahun 1896 yang kemudian menjadi International Business Machine (1924) setelah mengalami beberapa kali merger. Perusahaan lain seperti Remington Rand and Burroghs juga memproduksi alat pembac kartu perforasi untuk usaha bisnis. Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dgn pemerintahan untuk permrosesan data hingga tahun 1960. Pada masa berikutnya, beberapa insinyur membuat p enemuan baru lainnya. Vannevar Bush (1890- 1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial di tahun 1931. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan akademisi. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan. Pada tahun 1903, John V. Atanasoff dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar Boolean pada sirkuit elektrik. Pendekatan ini didasarkan pada hasil kerja George Boole (1815-1864) berupa sistem biner aljabar, yang menyatakan bahwa setiap persamaan matematik dapat dinyatakan sebagai benar atau salah. Dengan mengaplikasikan kondisi benar-salah ke dalam sirkuit listrik dalam bentuk terhubung-terputus, Atanasoff dan Berry membuat komputer elektrik pertama di tahun 1940. Namun proyek mereka terhenti karena kehilangan sumber pendanaan. KOMPUTER GENERASI PERTAMA Dengan terjadinya Perang Dunia Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seorang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali. Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak Inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode-rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalu mempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan. Pertama, colossus bukan merupakan komputer serbaguna (general-purpose computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia. Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir. Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H. Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan IBM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Kalkulator tersebut berukuran panjang setengah lapangan bola kaki dan memiliki rentang kabel sepanjang 500 mil. The Harvd-IBM Automatic Sequence Controlled Calculator, atau Mark I, merupakan komputer relai elektronik. Ia menggunakan sinyal elektromagnetik untuk menggerakkan komponen mekanik. Mesin tersebut beropreasi dengan lambat (ia membutuhkan 3-5 detik untuk setiap perhitungan) dan tidak fleksibel (urutan kalkulasi tidak dapat diubah). Kalkulator tersebut dapat melakukan perhitungan aritmatik dasar dan persamaan yang lebih kompleks. Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasama antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor, dan 5 juta titik solder, komputer tersebut merupakan mesin yang sangat besar yang mengkonsumsi daya sebesar 160kW. Komputer ini dirancang oleh John Presper Eckert (1919-1995) dn John W. Mauchly (1907-1980), ENIAC merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark I. Pada pertengahan 1940-an, John von Neumann (1903-1957) bergabung dengan tim University of Pennsylvania dalam usha membangun konsep desin komputer yang hingga 40 tahun mendatang masih dipakai dalam teknik komputer. Von Neumann mendesain Electronic Discrete Variable Automatic Computer(EDVAC) pada tahun 1945 dengan sebuh memori untuk menampung baik program ataupun data. Teknik ini memungkinkan komputer untuk berhenti pada suatu saat dan kemudian melanjutkan pekerjaannya kembali. Kunci utama arsitektur von Neumann adalah unit pemrosesan sentral (CPU), yang memungkinkan seluruh fungsi komputer untuk dikoordinasikan melalui satu sumber tunggal. Tahun 1951, UNIVAC I (Universal Automatic Computer I) yang dibuat oleh Remington Rand, menjadi komputer komersial pertama yang memanfaatkan model arsitektur von Neumann tersebut. Baik Badan Sensus Amerika Serikat dan General Electric memiliki UNIVAC. Salah satu hasil mengesankan yang dicapai oleh UNIVAC dalah keberhasilannya dalam memprediksi kemenangan Dwilight D. Eisenhower dalam pemilihan presiden tahun 1952. Komputer Generasi pertama dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang berbeda yang disebut “bahasa mesin” (machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dn silinder magnetik untuk penyimpanan data. KOMPUTER GENERASI KEDUA Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vakum di televisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis. Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer-komputer ini, yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya. Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singakatan untuk menggantikan kode biner. Pada awal 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer-komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program. Salah satu contoh penting komputer pada masa ini adalah IBM 1401 yang diterima secaa luas di kalangan industri. Pada tahun 1965, hampir seluruh bisnis-bisnis besar menggunakan komputer generasi kedua untuk memproses informasi keuangan. Program yang tersimpan di dalam komputer dan bahasa pemrograman yang ada di dalamnya memberikan fleksibilitas kepada komputer. Fleksibilitas ini meningkatkan kinerja dengan harga yang pantas bagi penggunaan bisnis. Dengan konsep ini, komputer dapa tmencetak faktur pembelian konsumen dan kemudian menjalankan desain produk atau menghitung daftar gaji. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu. Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan. Bahasa pemrograman ini menggantikan kode mesin yang rumit dengan kata-kata, kalimat, dan formula matematika yang lebih mudah dipahami oleh manusia. Hal ini memudahkan seseorang untuk memprogram dan mengatur komputer. Berbagai macam karir baru bermunculan (programmer, analyst, dan ahli sistem komputer). Industri piranti lunak juga mulai bermunculan dan berkembang pada masa komputer generasi kedua ini. KOMPUTER GENERASI KETIGA Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponenkomponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer. KOMPUTER GENERASI KEEMPAT Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponenkomponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra-Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer. Chip Intel 4004 yang dibuat pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dengan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik. Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogram untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap perangkat rumah tangga seperti microwave oven, televisi, dn mobil dengan electronic fuel injection dilengkapi dengan mikroprosesor. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah. Pada pertengahan tahun 1970-an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer-komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980-an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram. Pada tahun 1981, IBM memperkenalkan penggunaan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. Jumlah PC yang digunakan melonjak dari 2 juta unit di tahun 1981 menjadi 5,5 juta unit di tahun 1982. Sepuluh tahun kemudian, 65 juta PC digunakan. Komputer melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang berada di atas meja (desktop computer) menjadi komputer yang dapat dimasukkan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). IBM PC bersaing dengan Apple Macintosh dalam memperebutkan pasar komputer. Apple Macintosh menjadi terkenal karena mempopulerkan sistem grafis pada komputernya, sementara saingannya masih menggunakan komputer yang berbasis teks. Macintosh juga mempopulerkan penggunaan piranti mouse. Pada masa sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium, Pentium II, Pentium III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan Intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di tempat kerja, cara-cara baru untuk menggali potensial terus dikembangkan. Seiring dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputerkomputer tersebut dapat dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori, piranti lunak, informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Komputer jaringan memungkinkan komputer tunggal untuk membentuk kerjasama elektronik untuk menyelesaikan suatu proses tugas. Dengan menggunakan perkabelan langsung (disebut juga local area network, LAN), atau kabel telepon, jaringan ini dapat berkembang menjadi sangat besar. KOMPUTER GENERASI KELIMA Mendefinisikan komputer generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda. Contoh imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey. HAL menampilkan seluruh fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence), HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari pengalamannya sendiri. Walaupun mungkin realisasi HAL9000 masih jauh dari kenyataan, banyak fungsi-fungsi yang dimilikinya sudah terwujud. Beberapa komputer dapat menerima instruksi secara lisan dan mampu meniru nalar manusia. Kemampuan untuk menterjemahkan bahasa asing juga menjadi mungkin. Fasilitas ini tampak sederhan. Namun fasilitas tersebut menjadi jauh lebih rumit dari yang diduga ketika programmer menyadari bahwa pengertia manusia sangat bergantung pada konteks dan pengertian ketimbang sekedar menterjemahkan kata-kata secara langsung. Banyak kemajuan di bidang desain komputer dan teknologi semkain memungkinkan pembuatan komputer generasi kelima. Dua kemajuan rekayasa yang terutama adalah kemampuan pemrosesan paralel, yang akan menggantikan model non Neumann. Model non Neumann akan digantikan dengan sistem yang mampu mengkoordinasikan banyak CPU untuk bekerja secara serempak Kemajuan lain adalah teknologi superkonduktor yang memungkinkan aliran elektrik tanpa ada hambatan apapun, yang nantinya dapat mempercepat kecepatan informasi. Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia. Kita tunggu informasi mana yang lebih valid dan membuahkan hasil.
unuk lebin jelasnya lagi klik disini